Home » » Penyebab Awal Konflik Palestina Dengan Israel

Penyebab Awal Konflik Palestina Dengan Israel

Konflik ini dimulai setelah perang dunia kedua,ketika masyarakat Israel (yahudi) berpikir untuk memiliki negara sendiri. (menurut sejarah mereka keluar dari tanah Israel setelah Perang Salib karena dituduh pro-Kristen oleh tentara Islam, yang kemudian ditinggali oleh orang-orang Filistin atau Palestine) pikiran berbentuk zionisme yang didorong oleh genosida oleh Nazi pada perang dunia kedua. Pilihan letak negara itu tentu saja adalah tanah leluhur mereka yang pada saat itu merupakan tanah jajahan Inggris karena secara leluhur mereka memilikinya tapi juga secara religius beberapa tempat keagamaan Yahudi ada disana.
Meskipun tidak secara terbuka, negara-negara barat setuju dan mendukung (alasannya karena sebelum orang Palestina tinggal disana, tanah itu adalah milik Israel). sebaliknya negara-negara Arab berargumen bahwa adalah karena Jerman yang melakukan genosida maka tanah Jerman lah yang harus disisihkan untuk dijadikan negara Yahudi.Dibalik semua intrik politik dan keuntungan dan kerugian politik, strategis,dll. Inggris secara sukarela mundur dari negara dan memberikan siapa saja untuk mengklaimnya. berhubung Isreal lebih siap maka mereka lebih dahulu memproklamirkan negara.
Sebaliknya orang-orang palestina yang telah tinggal dan besar disana tidak mau terima mejadi bagian negara Yahudi (dalam literatur doktrin Islam pemimpin negara harus seorang Muslim),sehingga bangsa Israel kemudian melihat orang Palestina sebagai ancaman dalam negeri, begitu juga dengan bangsa Palestina yang menganggap Israel sebagai penjajah baru.
Hasilnya bisa ditebak, perang dan konflik yang telah berbelit-belit. yang sebenarnya adalah urusan antara dua negara/bangsa menjadi konflik antara agama (Yahudi vs Islam) belum lagi stabilitas kawasan timur tengah dan ikut campur Amerika dengan kebijakan Minyak mereka.
Jadi sebenarnya masalah dasarnya tidak ada hubungannya dengan orang Palestina itu beragama Islam atau orang Israel itu beragama Yahudi, tapi masalahnya adalah "Tanah dan Kekuasaan".

Tiga Alasan Dasar Perebutan Kota Suci Jerusalem :

1. Alasan Ekonomi 
Presiden Bill Clinton sudah menjelaskan hal ini di Gedung Putih dalam wawancaranya dengan koran Otto Citizen Canada pada tanggal 1 Desember 2000, bahwasanya “kota Jerusalem akan menjadi tempat tujuan utama para turis internasional dan para pelancong dunia dalam sejarah keparawisataan” dan karenanya pula ia berusaha merayu Presiden Yasir Arafat agar mau memindahkan masjid Al-Aqsho dari sana.
Pada realitasnya, sesungguhnya musuh Israel dengan usaha keras mereka untuk menguasai kota Jerusalem dan kota Jerusalem yang lama dengan seluruh mesjid dan gereja yang ada di dalamnya- mereka ingin menguasai dan menjadi coordinator tunggal untuk mengurusi para Haji dan Kristiani ke sana dan mereka pula yang mengurusi kunjungan umat Islam untuk menyempurnakan Hajinya. Dan ini akan mendatangkan pendapatan devisa yang sangat besar yang mereka dapat dari kunjungan umat Kristiani dan umat Islam, bukan kunjungan para turis internasional seperti yang diungkapkan Bill Clinton.

2. Alasan Politis
Alasan ini terealisasikan lewat program mereka untuk menjadikan kota Jerusalem lama yang memiliki posisi yang strategis dan sejarah panjang  menjadi “Ibu Kota Negara yang Abadi” menurut keyakinan mereka), yang dari sanalah mereka akan menguasai seluruh wilayah sekitarnya.
Bariz, seorang politisi Libanon pernah bercerita ketika ada pertemuan di PBB setelah Zionis Israel mencaplok Libanon pada tahun 1982, ketika Perdana Menteri Israel pada waktu itu Manahen Begin, mengundang mantan Perdana Mentri Libanon Kamil Syam`un untuk mengunjungi kota suci Jerusalem,(seperti diceritakan oleh Kamil Syam`un dalam otobiografinya dalam bahasa Prancis) Manahen Begin berprilaku seolah-olah ia “Raja Sulaiman” sedangkan Kamil Syam`un diberlakukan seolah-olah salah satu raja “Al-guwaiyiim” ( buta huruf /bodoh) di masa mendatang. Yang datang dari kota “Shuur” untuk menyembahkan rasa tunduk dan loyal kepada raja “Israel” yang baru.
Penggalan cerita ini sudah cukup sebagai simulasi untuk menjelaskan alasan yang sangat esensi yang terwujud lewat aturan yang ada di Timur Tengah. Sebuah aturan dan undang-undang yang ingin diberlakukan secara paksa oleh Amerika Serikat kepada seluruh wilayah itu, dengan kerja keras untuk menyamakan aturan bagi warga Arab bagaimanapun caranya.

3. Alasan Historis
Dengan alasan perang budaya, maka merebut kota suci Jerusalem dan menguasai seluruh barang bersejarah umat Islam dan Kristen di kota itu merupakan kemenangan budaya Barat atas budaya Arab Islam, dengan keunggulan dan hegemoni politik Barat mengajak sekutunya untuk mengusik “dendam sejarah masa lalu” yang
berkobar dalam jiwa dan dada mereka atas budaya Arab Islam yang mengalahkan mereka dalam perang orang-orang Barat delapan abad yang lalu.

Sudah berapa nyawa melayang ya gara-gara konflik ini...mari kita doakan semoga perang ini akan jadi perang terakhir dan konflik ini bisa selesai...ya.


Semoga informasi ini bermanfaat.


Terima kasih anda telah membaca artikel tentang
Penyebab Awal Konflik Palestina Dengan Israel
Jika bermanfaat anda boleh menyebarluaskan atau meng copy paste Artikel ini pada blog anda
tetapi baca dulu aturan mainnya Disini.
Ingin berlangganan artikel Catatan Pena silahkan masukkan email anda, dengan begitu anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Catatan Pena

38 Komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Anonim mengatakan...

ya, semoga saja konflik ini cepat berakhir.amiin ya allah.
#oliv bta

Jax Kio mengatakan...

Terkutuklah israel

Arik Swidianto mengatakan...

Waduh,,, kl berakhir itu tidak mungkin, karena di al qur'an aja tertulis kalau israel dan palestina tidak bakal bisa berdamai,,,

Palestina Israel mengatakan...

o...begitu to ceritanya.
makasih banyak atas beritanya

candra mengatakan...

Semoga diberi jalan yang terbaik..
kasian anak-anak kecil juga jadi korban

deeevvvi mengatakan...

terima kasih atas informasinya...

Kalang Kabut mengatakan...

BRARTI kitA masih bangga menjadi orang indonesia,,meskipun orang indonesia berbeda" agama tapi tetap satu jua'... I LOVE INDONESIA QU

Mimia Mia mengatakan...

Perang berhenti akhir dunia.
Kalo ga berhenti, kasian anak-anak yang harusnya masih punya masa depan

odhe ogan mengatakan...

Berarti kalo palestina dan israel berdamai tandanya kiamat .... ��

Ricka Andriyani mengatakan...

Iya benar . Di dlm alquran dijelaskan jika israel dan palestine berdamai maka kiamat

anwarasih mengatakan...

QS ayat brp mba ricka? Mau tau dong

robby mengatakan...

smoga prbuatan bangsa israel dbls olh allah swt

Anonim mengatakan...

ini perang siapa yang kuat dia yang menang!! taukan maksudnya

desy nurliana sari mengatakan...

Israel tidak pux otak...hx mmikirkan urusan duniadan kkuasaan sja

lea ayu mengatakan...

Ya Allah apapun yg terjadi lindungilah seluruh umatmu dengan penuh cinta kasih dan perdamaiyan.amien

Amelia Nelwan mengatakan...

Bangga jdi org indonesia biar berbeda beda ttp kita satu. Salam damai yo :D

Anonim mengatakan...

Koq pada komen tapi gak fau sejarah.
Itu wilayah palestina dulu punya Yahudi.
Cuma karena perang, Arab menduduki wilayah sana dan makin banyak hinggal lebih bnyak dr Yahudi dan meng-KLAIM itu wilayah Arab.
Gk punya otak semua.

Agus Triyanto mengatakan...

Hadeh....
Kenapa juga sih pada ribut?
Presidennya palestina aja gak minta bantuan karena dia lebih tau yang sebenarnya terjadi.

Anonim mengatakan...

wis podo menengo,,, ra sah keminter,,, opo sing mbok rembug....

Anonim mengatakan...

Ngaco Cuba banyak baca lg om.... Ow y jg omong kasar, makin keliatan anda kurang pendidikan

kamu hrus tau mengatakan...

Hehehehehehe... yg puxa otak tpi ngga dipke yo kaya kamu... ngomong ajha sepuas kamu...
Liat aj buktixa palestina rela mati2an hingga dibnuh sebaxak i2 krna mmpertahankan ap yg mnjadi hakxa.. israil meski dibantu amerika toh sampai skarang jga tu tanah ttap msuk dlam wilayah palestina...
Kamu mnding dduk mikir yg benar mana and yg salah mana..

Anonim mengatakan...

Bener mas bro..ga usah ngurusi negara laen..mending kita doain az biar konflik reda n peace on eart.
Ngurus diri sendiri az blm tentu beres kok..

Willy Rolla mengatakan...

Sangat bermanfaat
Tp kenapa USA mengirimkan bantuan untuk israel, padahal USA menurut saya tidak diuntungkan...?

ananda mengatakan...

laah,, pada adu mulut disini???
kita bahkan sebenarnya belum tau kebenaran-kebenaran dari konflik ini...
walau ada rasa kasihan pada salah satu pihak namun kita tetap harus memikirkan pihak yang lainnya juga...

Anonim mengatakan...

Mikir mba. Kalau palestin ngga memikirkan kekuasaan juga, perang udh berenti

Anonim mengatakan...

Mungkin kalo seandainya orang non islam kepilih jadi presiden, bangsa ini bisa perang juga. Coba dipikirkan lebih dalam :)

Anonim mengatakan...

Baca sumber jangan cuma 1 source makanya bro, israel juga mati matian kok. Jangan cuma nama kamu harus tau, baca beneran om

Anonim mengatakan...

Semoga cepat atau lambat allah akan memberikan jalan keluar yg terbaik kepada kita semua,agar dapat menyelesaikan konflik yg trjadi antara israel dan palestina. Karena hanya allah lah yg mengetahui kebenaran mengenai konflik yg sedang trjadi saat ini. Kita hanya dpt menunggu kebenaran dari allah itu akan trjadi dan akan memberi jalan keluar untk menyelesaikan seluruh masalah yg sedang trjadi saat ini. sebagai manusia kita pun hanya mampu menolong mereka semampu kita saja.

Bukti siahaan mengatakan...

Indonesia sok ikut campur.
Warga Di padangsidempuan membakar bendera israel... Apakah indonesia sudah kuat melawan israel...teknologi dan militer indonesia tidak ada apaapanya ketimbang israel.
.

Anonim mengatakan...

Iya benar tu, dulu plstina punya yahudi.
Dlu yahudi yg kna bantai skrg yahudi yg mmbantai.
Mungkn itu karma buat pnghuni palestina skrg.

anto tetep marto mengatakan...

Haduuuuh... Pusing.. Yg penting mah doanya aja.. Komen2 nyari ribut ga bagus.. Nt malah perangnya nambah lagi.. Hehehehe...tuhan sudah merencanakan smuanya.. Israel dan palestina mmng gag bisa berdamai.. Klo damai nti kiamat.. Haduh.. Ayo sama2 mendekatkan diri aja.. Mumpung puasa.. Jgn lupa doain biar di kasih jalan kluar atas perang soara ini..

iwan tog mengatakan...

Presiden indonesia aja tetap dukung gaza, lebih pinter mana lo ama presiden? Kalo elu lbih pinter, kenapa lo gak jadi wasit gaza vs israel aja?, jangn2 lo jg orang israel?

Wawan Suprianto mengatakan...

Amerika tw israel, smua yahudi sma aj..

indra nugraha mengatakan...

Subhnaallah...
Bulan puasa bulan penuh berkah dan ampunan malah saling menghujat. Israel dan palestina akan selalu berperang sampai akhir zaman karena sudah digariskan dan ditakdirkan oleh Allah SWT. Marilah kita menghargai dan menghormati sesama manusia dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita daripada memperdebatkan hal yg sudah ditakdirkan oleh ALLAH SWT. Dan marilah kita membantu sodara sodara kita baik dr pihak palestina maupun pihak israel dengan mengirimkan doa dan bantuan. Wass wr wb

Sigit Purwanto mengatakan...

Mantap jiwa muda yg positif. Tau ??? Karena mencari tau. "Banyak ilmu yg kita dpt dr konflik israel vs palestina. "Seperti pesan terakhir adolf hitler?.. "Tetapi pemenang sesunguhnya adalah Palestina " #Pray for Gaza, #save palestine.

Bali Devata mengatakan...

Bagaikan senju dan uciha
Perang dari generasi ke generasi
Penyebab ke egoisan orang dewasa yang tak menghiraukan anak kecil yang tak tau apa :D
...

zana azzahra mengatakan...

palestine cuma g mau masjidnya di pindah.jadi mereka mempertahankan itu.meaki smp darah penghabisan.

Anonim mengatakan...

dalam skala kecil, kakak sama adik kandung aja bisa rebutan tanah warisan


Poskan Komentar

Bila artikel ini bermanfaat janganlah pelit untuk memberikan komentar.

 
Copyright © 2011. Catatan Pena - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger