Cara Membuat Mp3 Player Di Blog Dengan Format XML

Pernah ga... sobat melihat mp3 player disalah satu blog dan isi dari lagunya bisa banyak dalam satu media player, tampilan dari media playernya juga bisa kita pilih sesuka hati dan hebatnya dari pemutar musik yang satu ini, lagu-lagu yang akan kita masukkan kedalam media player ini bisa kita pilih sesuka hati loh... misalnya anda mempunyai koleksi lagu-lagu yang memang sangat langka dan mungkin tidak dipunyai oleh orang lain namun anda ingin mendengarkan lagu itu melalui blog anda sendiri atau juga anda ingin berbagi tentang lagu anda tersebut kepada teman/orang lain melalui blog anda, maka player inilah yang sangat cocok untuk hal tersebut.
Nah...kalau memang anda tertarik dan ingin mencobanya di blog anda sendiri silahkan anda ikuti keterangannya dibawah ini, gampang ko...yang penting "konsentrasi" he...he...he....

Dalam pembuatannya anda hanya memerlukan 6 bahan yaitu:

1. Media Playernya ( pemutar musiknya ).

2. Media Playlistnya ( daftar lagunya ).

3. Tempat hostingan untuk menyimpan pemutar musik dan playlistnya, anda boleh mencobanya di  www.ripway.com atau hostingan lainnya namun biasanya anda harus mendaftar terlebih dulu disitus tersebut.

4. Tempat Upload Mp3 anda bisa mencobanya di www.fileden.com dan anda juga harus mendaftar terlebih dahulu.

5. Notepad

6. Segelas kopi hangat, dan sebungkus rokok ( untuk apa kopi dan rokok ini...? ) ya untuk menyegarkan pikiran kita dalam mengerjakan player ini he...he..he...

Ok langsung aja  kita berangkat menuju ke cara pembuatannya...perhatikan baik-baik ya...

1. Upload Lagunya.

Upload lagu kesukaan anda di Fileden.com atau anda juga boleh mencobanya di media penyimpanan online lainnya, namun terlebih dahulu kompress file mp3 anda supaya ketika di putar lagunya tidak terputus-putus, converternya ada banyak di internet anda bisa mencarinya sendiri di Mbah Google dan setelah anda upload file mp3 tersebut silahkan Catat Link mp3nya.

2. Membuat Playernya.

Carilah template/model dari media playernya, ada banyak di internet namun anda boleh mencobanya di myspaceprodesigns pilih sesuka hati player mana yang cocok untuk anda.

Lalu pertanyaan kita adalah bagaimanakah cara mengambil playernya...? 

Silahkan anda buka alamat ini  http://www.myspaceprodesigns.com/flashtoy/mp3.php  dan pilih playernya, disini saya mengambil contoh player yang akan saya gunakan adalah model 3 flash mp3 player by RedDragon, dan setelah anda memilih jenis model playernya klik " generate mp3 playlist " di dalam adrees bar akan tertulis.

http://www.myspaceprodesigns.com/generator/playlist/xml.php?purl=http://www.myspaceprodesigns.com/RedDragon/26.swf

Buang tulisan berikut ini.

http://www.myspaceprodesigns.com/generator/playlist/xml.php?purl=

Maka tinggallah tulisan.

http://www.myspaceprodesigns.com/RedDragon/26.swf

Dan kemudian tekan Enter.

Disana akan terlihat tampilan penuh dari Player tersebut, simpanlah halaman tersebut kedalam folder komputer anda dengan cara klik " Save Page As " simpan ke dalam format SWF, nama filenya terserah anda contoh mudah anda bisa memberi nama " Player.swf " (tanpa tanda petik)  setelah itu silahkan upload  File tersebut kedalam hostingan disana anda akan mendapatkan Linknya lalu Catat Link Player tersebut.

3. Membuat Playlistnya.

Salin file di bawah ini kedalam Notepad.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<player showDisplay="yes" showPlaylist="yes" autoStart="random">
<song path="LINK MP3 ANDA" title="JUDUL LAGUNYA" />
<song path="LINK MP3 ANDA" title="JUDUL LAGUNYA" />
<song path="LINK MP3 ANDA" title="JUDUL LAGUNYA" />
<song path="LINK MP3 ANDA" title="JUDUL LAGUNYA" />
<song path="LINK MP3 ANDA" title="JUDUL LAGUNYA" />
</player>

Dalam keterangan diatas saya hanya membuat 5 daftar jumlah lagu yang akan diputar, namun anda boleh mengurangi ataupun menambahkannya lagi karena itu bukan urusan saya...he...he...he... dan ganti tulisan "Link Mp3 Anda" yang berwarna BIRU dengan Link mp3 anda sendiri begitu juga dengan tulisan "Judul Lagunya" yang berwarna MERAH, silahkan anda tulis apa Judul Lagunya dan simpan atau " Save As "  file tersebut kedalam Format XML.
Contoh disini saya memberi nama filenya  "Daftar lagu.Xml" (tanpa tanda petik) kemudian upload file yang berformat xml tersebut kedalam  hostingan disana anda akan mendapatkan Linknya lalu Catat Link Playist tersebut.

4. Nah kini anda sudah mempunyai 2 Link yaitu Link Player yang berformat SWF dan Link Playlist yang berformat xml, sekarang anda hanya tinggal memasukkan kedua Link tersebut ke dalam script yang ada dibawah ini.

<div align="center"><embed allowScriptAccess="never" src="http://LINK PLAYER ANDA" menu="false" quality="high" width="265px" height="270px" name="index" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" flashvars="playList=http://LINK PLAYLIST ANDA" wmode="transparent"/></embed><br /><a href="http://davotmarbun.blogspot.com">Catatan Pena Musik Player</a></div>

5. Sekarang silahkan anda buka blog milik anda dan copy/pastekan script di atas kedalam blog anda...mudah bukan...? apabila anda sudah berhasil membuatnya ataupun bila anda masih bingung silahkan tulis komentarnya.
Cape juga gua ngetik tulisannya nih...kebetulan kopi gua juga udah habis...he...he...he....selamat mencoba ya...sukses buat anda.

Ini contoh Demonya:
Semoga informasi ini bermanfaat.
Terima kasih anda telah membaca artikel tentang
Cara Membuat Mp3 Player Di Blog Dengan Format XML
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Catatan Pena

Share this :

Previous
Next Post »
31 Komentar
avatar

file di langkah ke-4 di paste kemana ya??
pake notepad apa paste lgsg ke html blognya!
kalo lgsg di bagian mana?
ga ngerti bahasa html euy
thanks before

Balas
avatar

makasih atas comentnya...buat mas atau mbak nih abis namanya ga ada sih hehehehhe
Dilangkah ke 4 itu anda kan pastinya sudah mempunyai 2 link di hostingan yaitu
1. Link Player yang berformat SWF
2. Link Playlist yang berformat XML
coba anda baca lagi keterangan diatas.makasih

Balas
avatar

thx bos, udah capek nyari cara ini.. thx buuuuuuaaaaanyak bos, info anda sangat bagus ....

Balas
avatar

klw buat yang seperti di mp3word gimana ya mas ,tolong di bantu

Balas
avatar

ga bsa om mp3'a ga jalan

Balas
avatar

mantap neh, bisa dicoba ah... smbl membaca blog smbl dger musik

Balas
avatar

Aneh,, saya udah bisa dengerin lagunya di web saya pertama kali mencoba... tetapi setelah itu saya hapus..... besoknya saya pasang lagi kok gak ada suaranya y... tolong bantuannya!

Balas
avatar

To Giga Ryu: Mungkin salah di cara no.4 bos dimana link playernya dan link playist nya pemasangannya terbalik..coba dicek kembali dan ikuti panduan diatas secara perlahan-lahan.makasih

Balas
avatar

Ternyata Ripway.com-nya yg bermasalah. Websitenya sepertinya sudah kadaluwarsa atau diblokir. Kalau sekarang ngetik Ripway.com di address, websitenya malah menjadi tempat jual domain. Fileave.com yang sama gunanya juga udah gak berfungsi lagi. Kk Admin, saya minta tolong carikan tempat hostingan yang gratis seperti 2 di atas!!! :)]

Terima Kasih

Balas
avatar

iya benar ripway sepertinya sudah tutup, dan saya sendiri sampai saat ini belum menemukan pengganti yang bagus seperti di ripway, kiranya ada masukan dari para sobat blogger silahkan comentnya di blog ini.Makasih

Balas
avatar

Hosting di dropbox aja gan ne alamatnya http://db.tt/1vxsGoYR
Free 2GB unlimited. Filnya pun bisa di edit kapanpun. Soalnya langsung Share ama komputer kita. coba aja deh... pasti puas! hehehe... salam kenal gan.

Balas
avatar

Thanks gan atas infonya...saya coba dulu untuk mengetes dan meluncur kesana. Salam kenal juga gan. ;;)

Balas
avatar

Maaf Nih,Kok Gak jalan ya Filenya?? :-/

Balas
avatar

mungkin ada yg salah dalam pengerjaannya atau ada kodenya yang terhapus. Coba diulangi lagi. Makasih

Balas
avatar

salam kenal....
kalo bisa contoh link player dan playlistnya di tampilkan, biar lebih jelas....

Balas
avatar

Thanks gan infonya, sudah di praktekkan dan berhasil... :D

Balas
avatar

makasih infonya Sob...
mo d cb dl nich...

Balas
avatar

makasih atas infonya, walaupun agak ribet tapi berhasil :D

Balas
avatar

Tutorialnya bagus sekali!! Ini yang saya cari file bisa disimpan eksternal, bukan di hosting kita.
Tapi ada satu pertanyaan saya, kalau file XML disimpan dihosting kita kenapa tidak jalan ya? Tapi kalau disimpan di www.geocities.ws seperti demo di atas bisa. Apa ada yang perlu disetting di hosting kita. Saya coba utak atik kalau2 url-nya salah tulis, coba seting CHMOD file, semua tetap tidak bisa. Sepertinya file XML tidak bisa dipanggil kalau di hosting sendiri, kalau disimpan di www.geocities.ws bisa. Ada yang bisa bantu...??

Balas
avatar

mantap gan langsung jadi, kalau untuk playlist video gimana gan, dan selain media player di atas tempat yang gratis lagi.tanks y

Balas
avatar

Info nya Berguna banget, kalo make Mixp*** agak lemot, soal nya dia ngambil dari youtube . jadi tergantung sama koneksi internet ..

Jangan lupa mampir gan
Masih NewBiee http://www.ddeokkok.com/

Balas
avatar

bingung gua gan tolong dong isiin gan ?

Balas
avatar

makasih bro tak cobane dulu yo...

Balas
avatar

sudah dipraktekan dan langsung berhasil, tengkyu infonya.

Biar musiknya gag autoplay gimana ya?


indra
ubinpetak.blogspot.com

Balas
avatar

Mantaaaaaaaab nih Info'nya....
Sangat jelas, detail dan sprti'nya mudah di pahami jika dipelajari secara pelan-pelan n secangkir coffe hangat plus sebungkus rokok....

Balas
This comment has been removed by the author. - Hapus
avatar

terima kasih infonya,, bermanfaatt..

Balas
avatar

gan saya kok pas ganti formatnya kok gk berubah gmna itu gan.???

Balas
avatar

cara " Save Page As " itu gimana caranya ya

Balas
avatar

terimakasih banyak sob buat tutorialnya...

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔